Belajar Indahnya Cinta Sejati dari Lagu 1000x - Jarryd James ft. Broods | Interpretasi Lagu

1000x Jarryd James, Broods, Quotes, Motivasi Ambyar


Lagu 1000x (dibaca: 1000 times) dari Jarryd James ft. Broods ini merupakan lagu yang diproduksi dengan menawan dan indah, mood murung yang dikembangkan dalam lagu ini benar-benar sempurna karena vokal Jarryd dan Georgia sungguh selaras yang membuat lagu ini semakin "masuk" ke dalam perasaan para pendengarnya.

Pada dasarnya, lagu ini memang tidak sepopuler lagu Perfect - Ed Sheeran atau All of Me - John Legend. Pada Official Audio-nya di Youtube, lagu ini telah 2,2 juta kali ditonton. Sedangkan untuk Official Video-nya, lagu ini telah ditonton sebanyak 1,2 juta kali. Meskipun tidak "meledak", tapi percayalah, lagu 1000x ini sama romantisnya dengan lagu Perfect atau All of Me.

Lagu ini (katanya) sangat cocok untuk dinyanyikan dalam acara pernikahan seseorang karena makna lagunya yang melambangkan cinta sejati. Hmm, apa benar begitu? Mari kita ulik "kisah" dari lagu ini.

Interpretasi dan Makna Lirik

Even if I'm leaving you at the door
Bahkan jika aku meninggalkanmu di pintu
Even when I know that you're never lonely
Bahkan ketika aku tahu bahwa kau tidak pernah kesepian
Harder than imagined
Lebih sulit dari yang dibayangkan
Harder when it's cold
Lebih sulit ketika ini terasa dingin
Even when I'm playing in the fire
Bahkan ketika aku bermain di api
Even when I'm doing it for all my life
Bahkan ketika aku melakukannya sepanjang hidupku
Harder than imagined
Lebih sulit dari yang dibayangkan
Harder when I let it go
Lebih sulit ketika aku melepaskannya

Ya, itulah lirik pembuka dari lagu 1000x ini. Sungguh, ini seperti sebuah perumpamaan yang ... entahlah. Yang jelas, ini seperti mengatakan kepada para pendengarnya bahwa seseorang yang ada dalam lagu ini tidak bisa melepaskan pasangannya, bahkan hanya sekedar membayangkan.

Ngomong-ngomong supaya lebih mudah dimengerti, kita anggap saja bahwa seseorang yang diceritakan dalam lagu ini merupakan sang penulis itu sendiri.

Tentu, lagu ini dibuka dengan kumpulan perumpamaan betapa sulitnya sang penulis membiarkan pasangannya pergi. 

Dan ini yang terjadi kepada orang-orang yang "terlalu" mencintai pasangannya.

Tapi hey, saya tidak melarang untuk itu. Karena memang, itu sulit untuk dihindari setiap orang. Dan ini wajar terjadi. Apalagi orang itu sangat berharga bagi kita dan telah melakukan banyak hal dalam hidup kita.


Tapi ini menjadi sebuah kesalahan fatal ketika Anda mengatakan kepadanya, "Jangan pergi, karena kamu adalah milikku."

Hufttt... Siapa yang mengajari Anda untuk berkata seperti itu?

Anda belum tentu bisa membuatnya menuruti semua perkataan Anda. Lalu bagaimana bisa Anda mengatakan kepadanya bahwa dia milik Anda?

Hey, Anda tidak menciptakan dia. Jika memang dia milik Anda, saya bertanya, "Berapa biaya yang Anda habiskan untuk menciptakan dia?"

Oh tidak, saya mulai ngawur.

Tapi, mari ketahui poin pentingnya.

Kita memang bisa merasa sangat mencintai seseorang dan tidak ingin kehilangannya. Sungguh, ini bisa terjadi kepada siapa pun dan kapan pun. Sulit bagi Anda menghindari perasaan itu. Saya tahu dan saya juga merasakannya.

Tapi hal yang harus kita sadari adalah, dia bukan milik kita sepenuhnya. Terlepas dari seberapa besarnya cinta Anda kepadanya atau sebaliknya, Sang Pencipta bisa tiba-tiba menghilangkannya dalam hidup Anda, bahkan hanya dalam beberapa detik.

Dan sudah banyak orang yang "membuktikan" hal itu. Tapi saya tidak mau membahasnya di sini.

Pembukaan lagu ini seolah mengatakan kepada para pendengarnya bahwa kita seringkali sulit untuk bisa menerima kepergian pasangan kita, bahkan hanya sekedar membayangkan. Apalagi jika kita sangat mencintainya dan menganggapnya sangat berharga.

Memang benar begitu adanya. 

Tapi ini hanya sebuah pesan dari seseorang, "Ketika Anda sangat mencintai pasangan Anda, silakan, itu perasaan yang wajar terjadi pada manusia. Namun, suatu waktu Anda akan dibangunkan oleh kesadaran bahwa Tuhan jauh lebih mencintai Anda dan Anda membutuhkan-Nya lebih dari apapun. Jangan sampai Dia 'cemburu' karena Anda terlalu mencintai yang lain"

Tell me that love is enough
Katakan padaku bahwa cinta sudah cukup
The seas will be parted for us
Lautan akan terbagi untuk kita
Tell me that love is, oh
Katakan padaku bahwa itu cinta, oh

Ya, mungkin ini bagian lirik yang membuat saya akan (terlihat) bucin dalam menceritakannya.

Sang penulis seolah mengatakan bahwa cinta adalah sebuah kecukupan untuk dua orang insan yang ingin disebut sebagai pasangan.

Bahkan ketika kekuatan cinta sudah "merasuki" dua orang insan berpasangan, laut seakan-akan membelah dirinya membentuk jalan setapak yang hanya muat untuk dimasuki oleh dua orang, kemudian membiarkan sepasang kekasih itu untuk berjalan di antara dua tembok lautan. 

Oh betapa romantisnya itu. Tapi tunggu dulu, saya tidak sedang menceritakan kisah Nabi Musa, ya!

In another lifetime
Dalam kehidupan lain
I would never change my mind
Aku tidak akan pernah berubah pikiran
I would do it again
Aku akan melakukannya lagi
Oh, a thousand times
Oh, seribu kali
Just to let you in here
Hanya untuk membiarkanmu masuk ke sini
Where you make me lose my mind
Di mana kau membuat aku kehilangan pikiran
In another life I'd do it all again a thousand times
Dalam kehidupan lain, aku akan melakukannya lagi seribu kali

Dan ini merupakan inti dari lagu 1000x ini.

Sang penulis ingin mencintai pasangannya sampai di kehidupan lain. Ya, sang penulis ingin tetap bersamanya walaupun itu di kehidupan lain. Dan sang penulis tidak akan pernah berubah pikiran (katanya).

Jika saya sampaikan dengan bahasa saya sendiri, ini seperti mengatakan, "Hey, jika Anda benar-benar mencintai seseorang, jangan mencintainya sehidup semati, tapi cintailah sehidup sesurga."

Nah kan, saya jadi bucin karena lagu ini. Sial.

Lanjut ke liriknya. Sang penulis melanjutkan bahwa meskipun tiba-tiba dirinya berhenti mencintai pasangannya, dia akan kembali mencintainya walaupun dirinya harus melakukan itu sebanyak seribu kali. 

Dan selanjutnya, ini poin yang menggambarkan kebanyakan orang. Where you make me lose my mind.

Huu, ini benar-benar fakta yang menimpa sebagian besar umat manusia. 

Hilang kewarasan ketika "terlalu" mencintai seseorang.

Ya, adakalanya seseorang rela melakukan apa saja demi seseorang yang dicintainya, sekalipun itu adalah hal gila. Apa benar ada orang yang seperti itu? Banyak!

Banyak orang yang rela menghabiskan banyak uang demi seseorang yang belum tentu jadi pasangan sahnya. Ketika ternyata mereka tidak benar-benar berjodoh, lalu untuk apa itu semua?

Ya, untuk apa itu semua? Atas semua hal yang dijalani bersama, untuk apa jika akhirnya semua berakhir dengan sia-sia? Seseorang akan mengatakan, "Sial, selama ini aku menghabiskan banyak uangku hanya untuk membahagiakan jodoh orang lain."

Sebelum Anda baper, saya akhiri sampai di sini saja, karena lirik berikutnya hanya mengulangi lirik sebelumnya. Jika ingin lirik lengkapnya, Anda bisa mencarinya di situs lain karena blog saya tidak membahas lirik dan makna lagu. Jika Anda belum pernah mendengarkan lagu ini, lalu kenapa Anda membaca tulisan ini? Ayo, dengarkan sekarang (saya tidak promosi).

Tapi sungguh, jika Anda belum pernah merasakan hal itu (kehilangan pikiran karena seseorang), tunggu saja. Waktu yang akan membuat Anda merasakan hal itu huhu..


Semoga terhibur dan semoga Anda tidak menganggap saya bucin. Thanks a lot!

Posting Komentar

3 Komentar

  1. Ternyata adminnya bucin juga yaa wkwk :v

    BalasHapus
  2. Thanks udah ngerespon koment nya untuk lagu ini. Ga bucin kok, emang lagunya sih yg begitu. Ditunggu next blog nya..

    BalasHapus
  3. Dan...siapa 'seseorang yang pergi bagi si penulis' min? ��

    BalasHapus